EMPAT GOLONGAN MANUSIA

Para pembaca yang dirahmati Allah SWT. Ada empat golongan manusia di dunia. Mari kita baca, pelajari, dan cermati serta nilai diri kita masing-masing termasuk ke dalam golongan yang manakah diri kita yang hina ini.
PERTAMA, Golongan manusia yang bahagia di dunia akan tetapi menderita di akhirat. Ciri utama golongan ini adalah mereka yang senantiasa terlalu mementingkan urusan dunia sehingga mereka lalai bahkan lupa dengan urusan akhirat. Terkadang mereka yang termasuk golongan pertama ini adalah mereka yang senantiasa menghalalkan segala cara demi mewujudkan kebahagiaan hidupnya di dunia tanpa berpikir akan pertanggungjawabannya kelak di alam akhirat. Bahkan, tidak sedikit dari golongan ini menjadikan harta bendanya sebagai Tuhan yang mereka agung-agungkan sebagai bentuk kekuatan dan kemampuan yang dimiliki.
KEDUA, Golongan manusia yang menderita di dunia akan tetapi bahagia di akhirat. Ciri utama golongan ini adalah mereka yang tidak mementingkan urusan dunia bahkan melalaikan urusan dunia akan tetapi mereka senantiasa patuh akan segala perintahNya dan menjauhi bahkan meninggalkan laranganNya dalam bentuk perwujudan melaksanakan amalan-amalan ibadah yang diperintah oleh TuhanNya.
KETIGA, Golongan manusia yang bahagia di dunia dan bahagia di akhirat. Inilah golongan yang sangat diinginkan banyak orang (mungkin termasuk sahabat pembaca yang saat ini sedang asyik membaca). Ciri utama dari golongan ini adalah mereka yang senantiasa selalu berusaha/ikhtiar dalam mewujudkan keinginannya di dunia dengan melaksanakan segala tugas dan kewajibannya namun mereka tidak pernah meninggalkan kewajibannya dalam melaksanakan perintahNya dan menjauhi bahkan meningglkan laranganNya yang diwujudkan dalam bentuk amalan ibadah kepadaNya sebagai bentuk pengabdian dan kewajiban yang harus dilakukannya. Meskipun golongan ini adalah golongan yang paling banyak diminati, namun hanya sedikit orang yang benar-benar istiqamah dalam menjalankannya. Karena masih banyak diantara kita yang cenderung lebih sering melaksanakan laranganNya daripada perintahNya.
KEEMPAT, Golongan manusia yang menderita di dunia dan menderita di akhirat. Inilah seburuk-buruknya golongan manusia. Golongan ini adalah mereka yang tidak mau berusaha di dunia dan diperburuk dengan tidak ada keinginan pula dalam melaksanakan ibadah kepadaNya. Na’uudzubillaahi min dzaalik.
Pada dasarnya Allah SWT tidak menciptakan manusia yang BODOH melainkan mereka orang-orang yang MALAS.
Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang diberkahi dan diridhoi oleh Allah SWT dalam setiap langkah perjalanan hidup kita di dunia yang semakin fana ini.
Wallahul Muaffiqu Wal Hadi Ilaa Sabilirrasyad

Supriyatna Asy-Syianjury

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s