Maaf Itu Harus Dibuktikan Dengan Perbuatan

Sahabat pembaca yang berbahagia,
Sebelumnya Saya mengucapkan “Selamat Hari Raya ‘Idul Fitri 1 Syawal 1437 H. Taqobbalallohu Minnaa Wa Minkum Shiyaamanaa Wa Shiyaamakum Taqobbal Yaa Kariim Kullu ‘Aam Wa Antum Bikhoir”.
Hari Raya ‘Idul Fitri lebih dikenal dengan hari bermaaf-maafan menjadi sebuah tradisi yang mengajarkan seseorang untuk saling meminta dan memberi maaf atas setiap kesalahan yang pernah diperbuat oleh seseorang terhadap orangtua, keluarga, saudara, tetangga, sahabat, dan lain sebagainya.
Hari Raya ‘Idul Fitri menjadi hari kemenangan bagi ummat islam di mana saja berada yang berhasil menghadapi berbagai ujian dan cobaan saat menjalani pelaksaan rangkaian ibadah baik wajib maupun sunnah di bulan suci ramadhan.
Sementara mereka yang menyerah dengan sengaja (membatalkan puasa tanpa ada alasan yang diperbolehkan), maka baginya TIDAK ADA kemenangan di hari Raya ‘Idul Fitri melainkan hanya sebatas kesenangan semata yang tidak bermakna. Sehingga amalan ibadah puasa di bulan suci ramadhan terasa SAMA SAJA atau bahkan tidak merasa ada yang berubah bagi kepribadian seseorang setelah menjalani ibadah puasa selama 1 bulan.
Tradisi saling meminta dan memberi maaf menjadi hal penting dalam meramaikan peringatan 1 Syawal atau yang sering disebut Lebaran.
Akan tetapi perlu diingat bahwa “Maaf itu tidak hanya disampaikan melalui ucapan, tetapi harus juga dibuktikan dengan Perbuatan”.
Mudah-mudahan Allah SWT menerima amal ibadah puasa kita di bulan suci ramadhan, memberikan kesempatan untuk berjumpa kembali dengan ramadhan-ramadhan yang akan datang, serta menjadikan kepribadian diri kita untuk menjadi makhluk-makhluk yang lebih baik, baik dalam menjalankan tugas kita sebagai makhluk sosial terlebih lagi dalam melaksanakan ibadah kita kepadaNya.

Wallohul Muaffiqu Wal Hadi Ila Sabilirrasyad

Supriyatna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s