Pesan untuk Para Orangtua

Oleh : Supriyatna, S.Pd.I

Rabu, 2 April 2014

Dunia hari ini dikejutkan dengan berbagai peristiwa dan kejadian yang mungkin saja bisa terjadi pada diri kita, anak, keluarga, dan orang-orang yang berada di lingkungan sekitar kita.
Akhlak dan sopan santun kini menjadi pendidikan yang jarang kita jumpai di sekitar kita. Kebanyakan remaja saat ini tidak berpikir panjang dan maju ke depan untuk menjadikan dirinya lebih baik di masa yang akan datang. Rasa ingin tahu mereka sangat tinggi sehingga apapun dapat mereka lakukan demi mencapai apa saja yang ingin mereka ketahui, terkadang mereka juga menghalalkan semua cara. Nau’dzubillahi min dzaalik.
Sobat pembaca yang baik hati di manapun kalian berada. Kejujuran hari ini sudah menjadi pelajaran yang tidak lagi kita temukan, kejujuran tidak lagi menjadi nilai yang sangat dijunjung tinggi oleh para pelakunya, kejujuran sudah menjadi sesuatu yang sangat sulit kita temukan di sekitar kita.
Seseorang jika sudah berani berbohong pada dirinya sendiri, niscaya ia akan berani untuk melakukan kebohongan kepada siapapun, orangtua, keluarga, teman, bahkan Allah SWT sebagai Dzat yang telah menciptakan dirinya.
Hari ini, banyak remaja di usia pelajar tidak lagi menghargai ilmu pengetahuan, mereka seolah enggan dan cuek untuk mempelajari ilmu pengetahuan yang seharusnya menjadi bekal perjalanan hidup mereka di masa yang akan datang.
Yang sangat menyedihkan, hari ini banyak remaja yang berani mengkhianatai amanah dari orangtua dan guru-gurunya. Hari ini pula banyak remaja yang tidak lagi menganggap ada orangtuanya.
Apabila seorang anak sudah tidak lagi merasa nyaman dengan keluarganya, maka sudah dapat dipastikan ia akan mencari cara untuk dapat melabuhkan penantiannya untuk memperoleh ketenangan hidup bersama oranglain yang berada di sekitarnya.
Pergaulan menjadi PR bagi orangtua di zaman sekarang, sebagai orangtua harus berani dan siap untuk memantau perkembangan anak-anaknya. Melihat dan mengetahui bagaimana cara mereka berteman dan siapa saja teman mereka.
Kemajuan teknologi hari ini telah banyak memisahkan anak dangan orangtuanya, bahkan memisahkan ia dengan tuhannya.
Semoga perkembangan dan kemajuan zaman ini tidak lantas menyurutkan hati kita sebagai orangtua untuk tetap memperhatikan anak-anak kita dalamm bergaul, berteman, belajar, dan mengembangkan dirinya sesuai kemampuan dan pengetahuan kita masing-masing. Untuk itu, orangtua menjadi faktor terpenting dalam menciptakan karakter dan watak generasi agama, bangsa, dan negara ini. Tetaplah berusaha menjadi orangtua yang diidolakan oleh anak-anak kita sampai kapanpun. Tetaplah menjadi sosok yang dibanggakan oleh mereka sehingga mereka contoh teladan dalam perjalanan hidupnya hari ini, esok, lusa, dan nanti.
Salam hangat dan semangat untuk kalian anak-anakku dan seluruh orangtua di manapun kalian berada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s