BAB V PENUTUP

KESIMPULAN DAN SARAN

Berdasarkan uraian mengenai disiplin belajar siswa dan dewan guru di SMA PGRI 56 yang telah dibahas pada bab dan sub bab sebelumnya, maka bab ini penulis akan mengemukakan kesimpulan dan beberapa saran berdasarkan hasil penelitian.

A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan menganalisis hasil penelitian yang telah dibahas pada bab sebelumnya bahwa dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat disiplin belajar siswa dan kerja guru di SMA PGRI 56 sudah cukup baik, karena sesuai dengan peraturan dan tatatertib yang berlaku di sekolah tersebut. Hal ini dapat dilihat dari kedisiplinan guru dalam hal kehadiran yang tepat waktu, saat datang maupun pulang dari sekolah.
Adanya kesadaran peningkatan disiplin siswa dan guru terhadap pelaksanaan dan tugas yang telah ditetapkan Kepala Sekolah dengan baik dan tanggung jawabnya masing-masing. Adapun faktor-faktor yang mempegaruhi sehingga terlaksananya disiplin belajar siswa dan kerja guru yang tinggi adalah adanya pengawasan dari kepala sekolah dalam bentuk teguran, adanya penghargaan dari kepala sekolah terhadap guru dan siswa yang disiplin dalam bentuk pujian, dan hal yang terpenting adalah adanya kesadaran dari diri guru dan siswa bahwa disiplin kerja guru yang baik mencerminkan besarnya rasa tanggung jawab seseorang terhadap tugas-tugasnya.

B. Saran –Saran
a. Siswa dan guru yang telah memiliki disiplin kerja yang tinggi agar senantiasa mempertahankan kedisiplinan dan meningkatkannya.
b. Kepala seolah sebagai pemimpin pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk mengawasi dan mengendalikan kegiatan pendidikan disekolah, sehingga guru terkontrol dan termotivasi untuk terus mepertahankan diiplin kerjanya dengan baik.
c. Guru sebagai pengelola kelas hendaknya dapat meningkatkan kreatiitas dalam mengorganisasikan pembelajaran untuk menunjang disiplin kerja mereka, sehingga hasil belajar tercapai maksimal
d. Hendaknya ada kerjasama antara guru, siswa dan staf sekolah agar dapat meningkatkan disiplin.
e. Guru harus dapat memberi contoh disiplin agar siswa dapat mengikuti dan menigkatkan lagi kemampuan bahasa Inggrisnya
f. Guru harus lebih memotivasi siswa agar mampu menggunakan bahasa inggris dengan baik dan menguasai dari 4 skill dengan menerapkan ke disiplininan.
g. Teguran yang memberikan kita motivasi untuk lebih maju lagi dan pengawasan dalam bentuk teguran secara lisan yang sifatnya masih kekeluargaan..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s