BAB IV HASIL PENELITIAN

  1. A. Deskripsi  Data

Penelitian yang penulis lakukan diperoleh data mengenai disiplin belajar siswa dan guru SMA PGRI 56 Ciputat dari hasil pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah, guru sebagai Informal kunci dan wawancara terhadap siswa. Wawancara kepala sekolah terdiri dari 13 pertanyaan, guru 12 pertanaan dan siswa 6 pertanyaan.  Pegamatan yang dilakukan oleh penulis adalah 2 kali pertemuan.

CATATAN LAPANGAN I

(Hasil Observasi terhadap beberapa Guru di SMA PGRI 56 Ciputat )

Tanggal Observasi       : 1 Maret 2010

Jam                              : 09.30 sampai selesai

No.

Deskripsi

Refleksi Kesimpulan
1. Guru tiba disekolah jam 6. 55. Mengisi daftar hadir mempersiapkan keperluan mengajar. Guru datang tepat waktu, mentaati ketertiban sekolah. Guru memiliki tanggung jawab dalam menjalankan ketertiban
2. Guru masuk kelas

Setelah bel masuk berbunyi, guru  memulai pelajaran dan berdo’a, kemudian memulai  percakapan dengan salam dan menyampaikan tujuan pembelajaran

Guru datang tepat waktu dan memulai pelajaran dengan baik. Guru memulai pelajaran dengan baik dan disiplin mengelola waktu.
3. Guru mengabsen siswa Memerikasa kehadiran siswa, menyebutan satu persatu nama siswa.. Memeriksa dapat dilaksanakan
4. Guru melaksanakan jadwal mengajar dengan materi yang sudah disiapkan dalam lesson planning. Guru melaksanakan kegiatan yang sudah tercantum dalam RPP Metode yang digunakan sangat menarik dan sesuai dengan RPP
5. Guru memanfaatkan waktu mengajar dengan memberikan work sheet.

Guru tidak  dapat sepenuhnya memanfaatkan waktu Waktu habis oleh kegiatan siswa
6. Menutup pelajaran setelah habis jam belajar Dengan mengevaluasi pada akhir pelajaran. Guru tidak sempat mengevaluasi, langsung menutup pelajaran menanyakan kesulitan siswa pada materi yang tela dipelajari. Kegiatan penutup dapt dlaksanakan, mengevaluasi tidak maxsimal
7. Guru memelihara kebersamaan bersama guru lain,berdiskusi/ bertukar fikiran dalam menghadapi kesulitan siswa.

Guru pulang setelah jam mengajar habis.

Guru meningktkan kebersamaan dengan menyelsaikan bersama masalah.

Guru meninggalkan sekolah setelah jam habis dan berpamitan kepada kepala sekolah

Guru memelihara kerjasama dengan guru lain.

Guru mentaati jam kerja.

Dari hasil catatan observasi hari pertama dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja guru sudah sangat baik. Dewan guru dapat melaksanakan tata tertib sekolah, dengan melaksanakan kegiatan mengajar. Hal ini bisa diperhatikan  dari  hal–hal yang menonjol seperti terlihat pada hasil pengamatan yaitu:

  1. Mengisi daftar hadir setiap datang ke sekolah
  2. Hadir di kelas tepat waktu
  3. Melakanakan jadwal mengajr dengan baik
  4. Memanfaatkan waktu mengajar
  5. Memelihara kerjasama antar guru dan siswa.
  6. Mentaati jam kerja.
  7. Melaksanakan KBM

CATATAN LAPANGAN

(Hasil Observasi terhadap Siswa SMA PGRI 56 Ciputat )

Tanggal Observasi       : 23 April 2010

Jam                              : 09.30 sampai selesai

No.

Deskripsi

Refleksi Kesimpulan
1. Siswa menyiapkan keperluan sekolah dengan teliti Persiapan sebelum berangkat ke sekolah Siswa peduli terhadap tugas dan tanggungjawabnya
2. Siswa tiba disekolah paling telat jam 06.45. mempersiapkan keperluan belajar. Siswa datang tepat waktu. mentaati ketertiban sekolah. Siswa memiliki tanggung jawab dalam menjalankan Tatatertib
3. Siswa masuk kelas

Setelah bel masuk berbunyi, memulai pelajaran dan berdo’a, kemudian mengucap salam kepada guru.

Siswa datang tepat waktu dan memulai pelajaran dengan baik. Siswa memulai pelajaran dengan baik dan disiplin mengelola waktu.
4. Siswa belajar dengan tertib ketika proses pembelajaran berlansung Disiplin siswa dalam proses pembelajaran Melaksanakan tatatertib dengan baik

Pada pengamatan di hari kedua, dapat disimpulkan bahwa pegamatan tersebut adalah tugas dan tanggungjawab siswa dalam mentaati tatatertib di sekolah, hal ini dapat dilihat dari persiapan sebelum berangkat sekolah, menyiapkan peralatan sekolah, datang tepat pada waktu yang telah ditentukan, siap melakukan pembelajaran. Hal –hal yang dapat kita lihat dari pengamatan yaitu:

  1. Persiapan sebelum berangkat ke sekolah
  2. Mentaati tatatertib sekolah.
  3. Disiplin dalam belajar

Berdasarkan hasil wawancara dengan dewan guru dapat disimpulkan bahwa menurut statistik sekolah tingkat kedisiplinan semua warga sekolah SMA PGRI 56 Ciputat tingkat kehadiran di atas 85 % khususnya. Kepala sekolah memberi pengawasan dari segi waktu yaitu dengan memeriksa kehadiran dan administrasi. Dewan guru dapat dinilai oleh kepala sekolah sudah cukup disiplin, karena data melaksanakan peraturan sekolah dengan mengisi daftar hadir, jadwal mengajar dengan baik meskipun ada beberapa guru yang masih kurang mentaati peaturan yang ada. Namun, keberadaan guru-guru yang selalu taat pada tatatertib yang berlaku dapat memberikan dampak kepada guru-guru yang lain seperti dalam hal mengajar, membuat persiapan mengajar dan adanya penghargaan kepada guru yang disiplin kerjanya bagus dengan ucapan terima kasih dan pujian. Namun adapula sanki apabila guru tidak melaksanakan kedisiplinan dengan teguran.

Adapun hasil wawancara dengan Informal inti dapat disimpulkan bahwa siswa dan guru datang kesekolah itu 5 menit sebelum pegajaran dimulai kemuidian mengisi daftar hadir dikelas tepat waktu karena untuk mencontohkan kepada para peserta didik, membuat lesson planning seminggu sebelum pengajaran, kegiatan KBM disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa, pembukaan pengajaran dimulai dengan mengabsen siswa –siswi dan akhir pelajara memberikan evaluasi namun terkadang  evaluasi dilaksanakan pada akhir bab atau pokok bahasan. Jadi dari uraian diatas bahwa siswa dan dewan guru  SMA PGRI 56 sudah cukup baik dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai tenaga pendidik di sekolah meski masih ada beberapa guru dan siswa yang masih melanggar tatatertib yang berlaku di sekolah.

Dari kesimpulan terakhir adalah wawancara dari informal pendukung yaitu sejumlah siswa yang dapat disimpulkan bahwa dewan guru yang mengajar mereka itu dapat nilai cukup disiplin walaupun ada satu yang tidak menjawab sama terhadap guru tersebut. Hasil wawancara dari sejumlah siswa yaitu terlihat bahwa dewan guru datang pada 5 menit sebelum pengajaran dimulai, melaksanakan tuas dengan mengajar dan hadir dikelas tepat waktu, siswa senang dengan kegitan KBM yang diajarkan oleh Bapak dan Ibu dewan guru tersebut dengan memberikan  evaluasi di akhir pertemuan

  1. B. Pembahasan

Berdasarkan data dan  hasil gabungan deskripsi dari data penelitian yang  berbentuk hasil pengamatan dengan hasil wawancara. Sumber data penelitian ini berasal dari sejumlah guru (informan kunci) dan siswa serta kepala sekolah sebagai informal pendukung.bahwa hasil yang dilihat sama baik dari kepala sekolah atau pun dari siswa sendiri sama maka tingkat disiplin guru cukup tinggi. Pengaruh disiplin kerja dapat meningkatkan kualitas kerja dan semangat kerja dalam mendorong untuk mewujudkan tujuan yang akan dicapai, contohnya dapat dilihat dari penelitian diatas bahwa dengan disiplin kerja guru mampu melaksanakan tanggung jawab pada tugas, mampu bekerja sama dengan rekan dan membantu siswa dan aspek kehadian menigkat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s