Mari Berpikir

Kehidupan seperti roda yang berputar, siang dan malam terus berlalu, hari demi hari terus berganti, namun terkadang sebagai manusia kita sering melalaikan kesempatan yang hampir kita capai.

Sebagai seorang pelajar yang memiliki tugas utama belajar, seharusnya Anda tidak menyia-nyiakan waktu yang ada. Waktu yang telah Anda lewati tidak akan pernah kembali. Jadi, jangan pernah bermain-main dengan waktu yang telah Anda miliki.

Sebelum Anda memahami secara mendalam mengenai pengembangan diri, sebagiknya Anda bertanya pada diri Anda sendiri, karena diri Anda-lah yang mampu menjawab pengembangan yang ada pada diri Anda sendiri.

Pengembangan diri dapat diartikan sebagai suatu proses peningkatan pada diri seseorang yang mau menggunakan akal sehatnya dalam berpikir dan bertingkahlaku. Pengembangan diri merupakan proses yang harus terjadi di dalam DIRI SENDIRI, bukan orang lain.

Oleh karena itu, setiap manusia memiliki pengalaman hidup yang berbeda dan tentunya akan mengalami pengembangan diri yang berbeda pula. Artinya kita menciptakan kondisi baru di luar dengan melakukan perubahan di dalam diri sendiri.

Dalam hal ini, Anda harus sering bertanya kepada diri Anda sendiri!

Siapakah Aku?

Untuk apa Aku sekolah?

Apa yang telah Aku dapatkan selama Aku berada di sekolah?

Dan, pengembangan diri seperti apa yang Aku miliki?

Pertanyaan di atas akan menjadikan Anda lebih memahami makna pengembangan yang telah terjadi pada diri Anda sendiri. Dan, Anda akan lebih mengenal siapa diri Anda sesungguhnya!

Selamat belajar dan memahami diri Anda.

Anda merupakan salah satu dari jutaan manusia yang memiliki kemajuan dalam berpikir!

Iklan

23 thoughts on “Mari Berpikir

  1. setiap manusia memiliki potensi yang berbeda dengan yang lainnya. Maka akan berbeda pula tingkat pemahaman dan kemampuan berpikir yang ada pada dirinya, sehingga pengembangan dirinya pun berbeda. Menanggapai hal tersebut sebagai manusia tentunya memiliki akal yang digunakan untuk berpikir. Jadi, betapa sempurnanya manusia dalam menjalani dan menyikapi setiap permasalahan yang ada di sekitarnya.

    Suka

    1. siapakah saya? saya a/ seorang pelajar yang slalu ingin berfikir tentang semua hal yang saya lakukan setiap harinya,dan saya bisa dibilang anak yang bandel, slalu menjalani hidup degan smaunya ..

      untukapa saya sekolah ?? u/ menuntut ilmu agar saya bisa membanggakan ortu saya

      apa yang telah saya dapat selama saya berada di sekolah ?? ilmu yang telah di kasih dari guru2 meski gak smunya ..

      pd apa yangsaya miliki ?? yaitu saya sudah berusaha menyenangkan ortu saya ..

      Suka

      1. Pada dasarnya kenakalan itu sesuatu yang wajar, namun jangan dibiasakan. Kita bisa berubah. asal ada kemauan pasti ada jalan. semangat…semangat…semangat…
        Jadikan pengalaman hari kemarin sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik

        Suka

  2. Siapakah Aku?saya seorang pelajar yang selalu berfikir tentang bermain-main..masih di bilang anak kecil..yang belum waktunya di bilang sudah dewasa..yg selalu berfikir pendek..pelajar yang bandel,,selalu ga nurut sama orang tua,,bodoh,,dll

    untuk apa aku sekolah??untuk menuntut ilmu(tetapi yang terjadi malah bukan untuk mencari ilmu melainkan hanya untuk bermai,,bermain,,dan bermain..)

    Apa yang telah Aku dapatkan selama Aku berada di sekolah?ilmu yg telah di pelajari oleh guru2 lain(tapi itu pun ga semua yang saya sudah dapatkan)

    pengembangan diri seperti apa yang Aku miliki?sudah bisa berfikir untuk masa depan..

    Suka

    1. Renungkan bagaiman perasaan orangtuamu, seandainya mereka mengetahui apa yang kamu lakukan dan peroleh selama masa pendidikanmu di sekolah.
      Jangan pernah kecewakan orangtua. Tingkatkan segala potensi yang ada. Selamat berjuang

      Suka

  3. pengembangan diri itu merupakan bakat dalam diri siswa yang perlu di kembangkan melalui kegiatan-kegiatan yang mampu mendorong timbulnya bakat itu seperti olahraga,seni,melukis dan lainnya.agar hidup kita lebih terarah dan menuju masa depan yang lebih baik lagi…

    Suka

    1. Perjalanan hidup itu akan terasa lebih indah jika memiliki tujuan yang jelas. Bakat yang ada pada diri kita dapat kita aplikasikan dalam segala hal. Wujudkan impian agar menjadi kenyataan.

      Suka

  4. Siapakah Aku?
    jujur saya orangnya emang sangat malas tp klo ada 1 hal yg bkin saya brsemangat saya bisa yg namanya brubah . saya adalah manusia yg tidak sempurna yg masih membutuhkan orang tua. mngkin cman gara2 perempuan saya jd brubah 360 derajat. yg tdnya di rumah trus eh pas knal perempuan saya sering gak pulang. aku jd bandel. ngebantah orang tua. tp bner kta bapak td “waktu yang telah Anda lewati tidak akan pernah kembali.” bner bgt waktu yg udh terjadi gak akn bisa ke ulang lg .. skrg smua khidupan aku brubah cman karna PEREMPUAN . emang saya msh sm dia tp skrg2 udh mulai jauh2.. dan saya mau mencari jati diri saya yg dulu lg ..

    Untuk apa Aku sekolah?
    1. saya mau belajar
    2. saya mau mengapai cita2 saya

    kll itu smua lancar2 aja. terus saya mau ngebahagiain orang2 yg sudah mmbantu saya skolah skrg. 1 . papa saya !! papa saya mau liat saya jd POLISI. dan mngkin saya yaa hrus gapai cita2 papa saya untuk saya jd polisi. dan makanya saya hrus rajin belajar !!

    Apa yang telah Aku dapatkan selama Aku berada di sekolah?

    yg jelas 1 teman baru..
    itu yg aku dapatkan slama aku skolah..pengalaman mngkin masih sdikit, pengetahuan aku blum dapat ni spenuhnya msh ada materi2 yg saya tidak tau.. yg jlas yg saya dpt pd slama aku sekolah cman 1 TEMAN !!!

    pengembangan diri seperti apa yang Aku miliki?

    berfikir positiv. dan jangan liat masa lalu yg tidak enak !! 1 lg berfikir sebagai orang dewasa !!

    Suka

  5. siapa kah aku??
    sya adlh manusia yg tdk sempurna..jujur sya manusia yg ingin hidup dengan apa ada’a..pelajar yg susah diatur..masa bodoh dengan segala masalh..dll !!!

    untuk apa aku sekolah..???
    1.sya ingin menuntut ilmu.
    2.ingin membanggakan orang tua..
    3.ingin menjadi sukses …

    apa yg aku dapatkan selama aku sekolah..???
    ilmu yg di ajarkan oleh guru lain.(tapi gg smw yg aku dapatkan)

    pengembangan diri apa yg aku miliki..???
    berfikir positiv!!dan jangan mengingat masa lalu yg suram..1 lagi berfikir seperti orang dewasa..jangan berfikir seperti anak”..

    Suka

    1. Kenali diri anda lewat sifat dan kenakalan anda sebagai seorang pelajar! Perubahan itu dari diri sendiri. yang mampu merubah diri kamu yaitu diri kamu sendiri

      Suka

  6. apa kah aku??
    sya adlh manusia yg tdk sempurna..jujur sya manusia yg ingin hidup dengan apa ada’a..pelajar yg susah diatur..masa bodoh dengan segala masalh..dll !!!

    untuk apa aku sekolah..???
    1.sya ingin menuntut ilmu.
    2.ingin membanggakan orang tua..
    3.ingin menjadi sukses …

    apa yg aku dapatkan selama aku sekolah..???
    ilmu yg di ajarkan oleh guru lain.(tapi gg smw yg aku dapatkan)

    pengembangan diri apa yg aku miliki..???
    berfikir positiv!!dan jangan mengingat masa lalu yg suram..1 lagi berfikir seperti orang dewasa..jangan berfikir seperti anak”..

    Suka

  7. siapa aku?
    aku adalah seorang manusia biasa,, yang tdk punya apa2, dan blum mnjadi siapa2.
    sya hanya seorang anak manusia yang masih blum mengerti tentang kehidupan, sya masih harus banyak mndpat bimbingan/tuntunan dari orang yang lebih dewasa yang bisa mengajarkan saya tentang siapakah diri saya?????????/

    untuk apa aku sekolah????//
    sya sekolah untuk menuntut ilmu, sya ingin mnjadi anak yang berguna bagi agama, keluarga, bangsa, dan negara.

    apa yang aku dptkan selama aku sekolah?
    bantak hal yang sya dpatkan, tntang :pelajaran dll.

    pd apa yang aku miliki?
    menjadi orang yang lebih baik. dan tdak menyia2kan waktu yang ada. dan harus bsa memanfaatkan waktu.

    Suka

    1. Hidup itu sebuah proses persinggahan, yang namanya singgah berarti tidak tetap, berarti sebuah kehidupan itu juga pasti akan berakhir. hanya waktu yang mampu menjawabnya. Namun, oleh karena itu kita dituntut untuk berusaha semaksimal mungkin dalam mengupayakan diri kita untuk hidup lebih baik dari sebelumnya

      Suka

  8. menurut aku,aku bukanlah siapa-siap tanpa orang tua aku yang mendampingi aku sampai saat ini..kini aku adalah seorang siswi SMA yang sdang belajar bagaimana untuk menjadi orang dewasa,,bisa menghargai oarang lain,,dan ingin sekali di hargai orang lain……
    tujuan aku sekolah adalah untuk jadi orang yang berguna untuk siapa saja yang ada di dekat aku…..aku pengn jadi orang yang punya etika,,punya art hidup dan punya ilmu buat masa depan aku nanti…..
    yang telah aku dapatkan dari sekolah adalah pelajaran hidip,,,ilmu yang banyak,,temen yang banyak dan pengajaran tentang etika,,,ternyata benar,,bahwa ga ada orang yang sempurna maskipun hidupnya serba berkecukupan….
    aku pengen banget jadi orang yang dwasa dan aku merasa bahwa aku bukanlah orang yang sudah dewasa…..gimana sih caranya biar bisa dewasa???????????aku juga pengen banget jadi orang yang bisa bertanggung jawab sama apa yang aku kerkajan…..aku masih merasa anak2…tapi aku juaga merasa bahwa aku bisa melakukan ssuatu yang berhubungan dengan agama….aku udah rajin ngajinya…aku juga mencoba untuk jadi anak yang brguna buat orang tua dan orang2 terdekat aku…..trims…..

    Suka

    1. Hargailah orang lain jika kamu ingin dihargai olehnya. Karena hidup itu seperti sebuah konsep dalam cerita naskah, jika ada penjahat pasti ada jagoan. Yang jahat akan terus dijahati dan baik pasti akan selau dihargai.

      Suka

  9. siapakah aku ?

    saya adalah hanya seseorang manusia biasa yang tidak punya apapapa , dan masih bergantung pada kedua orang tua saya . dan saya pun belum bisa menjadi diri saya sendiri , untuk mnjadi lebih baik untuk kedepanyya ?

    untuk apa saya sekolah ?

    1. saya sekolah untuk menuntut ilmu .
    2. menggapai cita-cita yang saya inginkan .
    3.saya ingin membahagiakan orang tua .

    apa yg aku dapatkan selama aku sekolah..???
    yang aku dapatkan banyak seperti :
    tentang pelajaran yang saya tidak tahu , menjadi tahu .
    mempunyai banyak teman , dan banyak lagi deh , hahha

    pengembangan diri apa yg aku miliki..???
    saya ingin menjadi orang yang lebih baik lagi , dan saya harus bisa memamfaatkan waktu yang ada .

    Suka

    1. Setiap manusia itu bisa berubah, dari yang jahat bisa menjadi baik, dari bodoh bisa menjadi pintar, dan juga sebaliknya. Perubahan yang terjadi pada diri setiap manusia tergantung sejauh mana usaha manusia itu sendiri dalam merunah setiap hal buruk dalam hidupnya.

      Suka

  10. Siapakah Aku? saya ga bisa berkomentar ttg diri saya sendiri, karna yang bisa nilai diri saya cuma orang lain.. klo kata orang saya orang cukup pendiam, ga terlalu terbuka sama orang lain dan bisa dibilang masih bergantung bgt sama orang tuaa..

    Untuk apa Aku sekolah? saya bersekolah untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman yang belum pernah saya dapatkan. dengan sekolah saya bisa mencapai cita-cita saya menjadi orang yang sukses!

    Apa yang telah Aku dapatkan selama Aku berada di sekolah? saya mendapatkan byk teman, ilmu pengetahuan, dan pengalaman2 senang, sedih dan memalukan

    Dan, pengembangan diri seperti apa yang Aku miliki? yang saya dapat kembangkan dari diri saya adalah potensi saya dalam kesenian, khususnya dalam hal menyanyi.. saya sudah mengunjukan bakat saya dengan mengikuti ajang pencarian bakat seperti indonesian idol. walaupun belum berhasil tapi saya akan tetap berusaha untuk mengembangkan bakat saya dengan lebih baik lagi…

    Suka

    1. Hidup itu memang harus belajar dari kegagalan, karena lewat kegagalan itulah paling tidak kita berpokir dan berusaha untuk tidak menemukan sebuah kegagalan yang sama. Semangat terus dan yakin bahwa kita bisa melakukan apa yang telah menjadi haapan dan cita-cita

      Suka

  11. siapa saya????????????
    aku g tau cpa dri ku.?
    karne aku ngerasa blom pantas hidup d’dunia nie ‘n ku lom bsa membahagiakan orang tua ku ndirie………,karna ku masih nyusahin orank tau ku sndri, tpi mank ku g kan bsa buat orank tau ku bahagia deh.?????????
    walau gtu w ttep bkal brusaha buat ornk tua ku bhgya walau hanya tersenyum ……
    tak da orank yg tau cpa dry ya?????
    n g da oran yg tau bertapa sakit ya hty jka da orank tua kta yg bahgia maupn sedh
    n g da yg tau bertapa bsrya penkorbanan orank tua pd+a ktu (kok jd ngebahas orank tua hahahahah)

    untuk apa aku sekolah??????????/
    yg pertama; aku sekolah tuk orank tua pasty ya. ya wlaupn ku g pernah benar skolah ya
    yg k-2; tuk masa dpan ku dan kluarga ku????????
    >tpy ku g yakin nie bkal terjdi pa g???? ya mudah”an klo umur mch panjank!!!!!
    yg k-3′ ku sekolah buat cry temen?
    tpy knp saat ku berteman dngan seseorank slalu…..(rahasia)
    yg terakhir;buat banksa dan negara(hahahahah)

    pa yg ku dpat kan d’sekolah
    ku dpat ilmu? tpy ku g tau ku mcih inget g…..
    ku dpat tman yg banyak n ku dpat pengalaman bsama tman-tman
    n’ ku g tau pa lg yg ku dpat

    pengembangan dri pa yg ku dpat
    ku ngerasa lom dpat pengembangan dri pa-pa
    kra sampay skarank ku lom bsa membahagiakan orank tua ku n ku lom bsa guna’in pa yg da di diri aku??????????

    tolonk ksih saran donk buat akutnank jty dry ku n ttank hidup ku
    krna ku mch ngerasa g pantas hidup di dunia ni???

    makasih

    (ku tunggu jwban ya)

    Suka

    1. Pada daarnya setiap manusia dilahirkan kedunia ini untuk menjadi seorang pemimpin, itu artinya setiap manusia diciptakan memang telah memiliki tugas dan tanggungjawab dalam menjalani kehidupan ini. Lakukan apa yang bisa Anda lakukan meskipun hanya sedikit asalkan bisa kamu lakukan.
      Hidup itu indah, tapi terkadang manusia tidak memahami di mana lektak keindahan hidup ini.
      Hidup itu bukan sebuah permainan, melainkan hidup itu hanya sebuah proses persinggahan yang suatu saat kita pasti akan meninggalkan kehidupan ini. yang menjadi persoalannya saat ini adalah, apa yang telah kita siapkan untuk menghadapi kehidupan yang akan datang.
      Tugas kamu sebagai seorang pelajar adalah belajar.
      Kuncinya ikuti setiap aturan yang ada baik di rumah, sekolah, dsb. PASTI BISA

      Suka

  12. siapa saya?
    saya adalah salah satu anak dari kedua orang tua saya sekaligus seorang pelajar yang mempunyai berbagai hak yang berhak saya dapatkan serta juga mempunyai berbagai kewajiban yang harus saya laksanakan.Dua contoh dari hak saya yang terpenting adalah mendapatkan kasih sayang dan mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak2 lain,sedangkan contoh dari kewajiban saya adalah menjalankan perintah Allah sebagai Tuhan pencipta saya dan seluruh alam,berbakti kepada orang tua saya,menghormati guru2 saya dan masih banyak lagi kewajiban yang harus saya lakukan.

    untuk apa sy kesekolah?????????
    agar sya mendapatkan pendidikan,banyak teman,,,,,,,,,,
    apa yg saya dapatkankan disekolah???????????

    banyak hal,,,,,,,,, ilmu pengetahuan,,,teman,,,,,,,, dan masih banyak lagi,,,,,,,,,,,
    pengembangan diri apa yg sya dapat??????????

    pengembangan dri dari hal yg saya ga bisa menjd bsa,,,,contohnya,,,,,,,
    dulu sebelum saya sekolah saya blm bs menulis mmbca dn pengetahuan lain setelah sekolah saya jd bisa……

    Suka

    1. Itulah yang dinamakan dengan perkembangan diri, dari yang tidak tahu menjadi tahu dan semakin meningkat rasa keingintahuan dalam sesuatu, terutama wawasan dalam berpikir positif dalam menyikapi setiap permasalahan hidup

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s